Kamis, 02 Desember 2010

REmidial TIK

1. Sebutkan dan jelaskan 6 peralatan (hardware) yang dibutuhkan dalam merangkai jaringan (Local Area Network).
~ . Dua atau lebih PC
~ Network Card sesuai dg jumlah PC
~ Kabel coaxial atau UTP
~ Hub bila diperlukan
~ Terminator
~ T-Connector
2. Sebutkan dan gambarkan 3 macam topologi jaringan.
Topologi cincin

Topologi star

topologi bus

3. Jelaskan mengenai peralatan modem.
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

4. Di setting monitor terdapat pilihan: theme, desktop, screen server, appearance, dan setting, jelaskan fungsi masing-masing
o Dekstop : berfungsi untuk mengganti wallpaper dilayar computer
o Screen saver : berfungsi untuk melindungi layar dari hantaman electron yang bergerak dengan kecepatan tinggi akibat pengaruh dari medan magnet dan medan listrik didalam tabung monitor.
o Theme : mempersonalisasi komputer
o Appereance : berfungsi untuk mengganti warna tampilan pada computer
o Settings : mengatur layout dan warna pada layar komputer
5. Sebutkan 3 macam jaringan komunikasi dan jelaskan
~ Local Area Network (LAN)
LAN adalah sebuah system komunikasi data yang membolehkan sejumlah device atau computer yang terangkai untuk berkomunikasi langsung satu sama lainnya.
~ Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan umumnya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Jarak jangkauan jaringan MAN mencapai 10km.
~Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan jaringan komputer yang memiliki jangkauan mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara bahkan benua. Jarak jangkauan jarinagan WAN mencapai 1000km.
6. Sebutkan dan jelaskan 3 jenis printer?
~ Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam.
~ Inkjet printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus.
~ Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar